Jumat, 24 Mei 2013

Pembelajaran PKn SD


PEMBELAJARAN PKn DI SD


Kelas 2 Semester 1
Standar Kompetensi
1.      Membiasakan hidup gotong royong.

Kompetensi Dasar
1.1  Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong.

Indikator
1.      Menjelaskan arti rukun.
2.      Menjelaskan pentingnya hidup rukun.
3.      Menjelaskan makna saling berbagi dan tolong menolong.
4.      Menjelaskan manfaat hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong.
5.      Menyebutkan contoh hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong di rumah.
6.      Menyebutkan contoh hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong di sekolah.
7.      Menyebutkan contoh hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong di masyarakat.


Penilaian Afektif
Ayo berilah tanda centang () pada kolom pernyataan setuju atau tidak setuju di bawah ini sesuai pendapatmu! (Afektif A2)
No.
Contoh Perbuatan
Setuju
Tidak Setuju
1.
Tino anak yang pintar dan rajin. Ia tidak ikut saat teman-teman membersihkan kelas bersama-sama. Tino lebih suka membaca buku.


2.
Kelas kotor sekali. Seluruh murid kelas dua sepakat untuk membersihkan kelas bersama-sama.


3.
Kita tidak diperbolehkan membantu teman yang berbeda agama.


4.
Sinta melihat temannya terjatuh dari sepeda. Sinta pun bergegas untuk menolongnya.


5.
Kakak memiliki dua permen. Lalu, kakak memberikan satu permen untuk adiknya.


6.
Jojo teman Dino. Dino mau mencuri mangga. Doni minta bantuan kepada Jojo. Jojo tidak mau membantu Dino.


7.
Kita tidak boleh membantu teman saat mengerjakan ulangan.


8.
Ayu menangis sedih karena neneknya meninggal. Sebagai teman, Mita menyatakan turut bersedih dan menghibur Ayu.


9.
Setiap hari Mutia membawa bekal ke sekolah. Pada suatu hari, Alin lupa untuk membawa bekal. Mutia membagi bekalnya dengan senang hati kepada Alin. Alin berterima kasih kepada Mutia.


10.
Saat makan malam bersama keluarga, Sari berebut makanan dengan kakaknya. Tak ada satu pun diantara mereka yang mau mengalah.




Penilaian Psikomotorik
Penugasan (Proyek)
Ayo amati kegiatan yang mencerminkan hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong di lingkungan sekitarmu! Kemudian tulislah dalam buku tugasmu dan kumpulkan pada gurumu untuk dinilai. (Psikomotorik P1)

Penilaian Penugasan (Proyek)
No.
Parameter
Skor (1-10)
1.
Persiapan

2.
Praktik

3.
Kesimpulan

Rata-rata Skor


@copyright2012

Tidak ada komentar: