Rabu, 25 Juli 2012

RPP KETERAMPILAN KELAS 5 SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Nama Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/ II
Pertemuan Ke : 18
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit


KETERAMPILAN
Standar Kompetensi
15. Mengapresiasi Karya Kerajinan


I. Kompetensi Dasar 
15.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame




II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi karya kerajinan makrame




 Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


III. Materi Ajar
Kerajinan Makrame


IV. Metode Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3. ekspositori (menerangkan)
4. diskusi


V. Langkah-langkah Pembelajaran


Kegiatan awal
1. Melakukan pengamatan gambar, foto atau model kerajinan makrame

Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Mengapresiasi karya kerajinan makrame
 memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
 melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
 memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame
 Mengeksposisi tentang tentang kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame
 Diskusi


 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
 Memberikan latihan soal
 Memberikan soal Pekerjaan Rumah
 Menutup pelajaran


VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a. Buku paket SBK standar isi 2006
b. Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c. Model karya seni rupa tiga dimensi
d. Gambar atau foto


VII. Penilaian
Indikator Pencapaian  Kompetensi :  • Mengapresiasi karya kerajinan makrame
Teknik Penilaian : Tes lisan dan tulisan Isian dan uraian
Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal :  Jelaskan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
 PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep
* semua benar 4
* sebagian besar benar 3
* sebagian kecil benar 2
* semua salah 1

 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor

Praktek
* aktif Praktek 4
* kadang-kadang aktif 2
* tidak aktif 1
Sikap
* Sikap 4
* kadang-kadang Sikap 2
* tidak Sikap 1


LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Pengetahuan Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mapel SBK



..................................                                                                                 ..................................
NIP :                                                                                                          NIP :

Tidak ada komentar: