Sabtu, 26 Mei 2012

Skenario Pembelajaran IPA SD


  Tema: Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
  Media: alat peraga natural (buah-buahan dan air), bahan cetakan/bacaan (buku), alat-alat dapur (pisau, saringan, sendok, parut), plastik, pipet, betadin, kertas gambar, pewarna, palet, gelas aqua bekas
  Skenario Pembelajaran
? Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam
? Kelas/Semester: V/1
? Alokasi Waktu: 2 x 35 menit
? Standar Kompetensi
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia
? Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
? Materi Pokok
Uji vitamin C pada buah-buahan
? Metode
Ceramah, eksperimen, dan diskusi
? Strategi
Pembelajaran kooperatif
? Sumber/Alat/Bahan
Sumber: Buku Paket Sains Kelas V SD, internet, buku lain yang relevan
Alat dan bahan:
-          Kertas gambar                                      : ± 8 lembar
-          Pensil warna/crayon/cat air                    : ± 4 pak
-          Palet                                                     : ± 4 buah
-          Gelas aqua bekas                                  : ± 40 buah
-          Parut                                                     : 8 buah
-          Saringan                                                : 8 buah
-          Pisau                                                     : 8 buah
-          Plastik gula seperempat                         : 20 lembar
-          Sendok                                                 : 8 buah
-          Pipet                                                     : 16 buah
-          Betadin                                                 : 1 botol
-          Air                                                        : 1 liter
-          Buah (jeruk, jambu biji, nanas,             : Buah-buahan sebagai penugasan yang
salak, belimbing, pepaya, dll)                 dibawa oleh siswa
Ket: disesuaikan jumlah siswa
Persiapan: Sebelum pembelajaran dimulai, guru mempersiapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan dalam pembelajaran.
? Langkah-langkah Pembelajaran
a.       Kegiatan Awal
1)      Guru memberi salam, melakukan doa bersama, dan absensi siswa.
2)      Guru melakukan apersepsi: Guru menggali pengetahuan dan pengalaman siswa terkait dengan materi pembelajaran. Guru menanyakan pada siswa contoh buah-buahan dan buah apa yang paling disenangi siswa, mengapa senang pada buah tersebut?
3)      Guru memotivasi siswa: Guru menunjukkan buah jambu biji dan salak sambil bertanya, “Amati buah yang Ibu bawa. Siapa yang dapat menebak, apakah jambu biji dan salak mengandung vitamin C?” Lalu guru mengajak semua siswa menyanyi lagu Naik-naik ke Puncak Gunung, syair diganti uji vitamin C.
Naik-naik ke puncak gunung // Tinggi-tinggi sekali
Kiri kanan ku lihat saja // Banyak pohon cemara
Kiri kanan ku lihat saja // Banyak pohon cemara
Mari kita uji vitamin // Pada buah yang segar
Jeruk, nanas, dan jambu biji // Mana yang banyak vitamin-C nya
Timun, salak berwarna putih // Adakah vitamin-C nya?
b.      Kegiatan Inti
1)      Pertanyaan/rumusan masalah
v  Buah apa yang paling banyak mengandung vitamin C?
v  Apakah buah yang berwarna saja yang mengandung vitamin C?
2)      Opini siswa
Siswa diminta berpendapat terhadap masalah yang dihadapi. Pendampat siswa ditampung guru dan ditulis di papan tulis. Opini tidak perlu dijawab. Untuk mengetahui jawaban siswa benar atau salah lakukan kegiatan.
3)      Pembelajaran
Guru memberi contoh (mendemonstrasikan) uji vitamin C di depan kelas.
Langkah-langkah uji vitamin C
v  Gelas aqua bekas diisi air sedikit (1/8 bagian), tambahkan 5 tetes betadin kemudian diaduk hingga rata (warna menjadi coklat).
v  Masukkan 1 tablet vit C dalam larutan betadin, kocok sebentar. Perubahan warna apa yang terjadi? (warna larutan menjadi jernih).
4)  Guru menanyakan kesimpulan apa yang didapat siswa dari demonstrasi uji vitamin C tersebut. (Vitamin C dapat merubah warna larutan betadin menjadi jernih/uji vitamin C dengan menggunakan larutan betadin).
5)      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok (1 kelompok terdiri dari 5 siswa).
6)      Guru memberikan tugas pada kelompok untuk melakukan eksperimen uji vitamin C pada buah-buahan yang dibawa siswa.
7)      Langkah kerja dimulai dengan membuat sari buah dengan cara memeras buah, buah yang keras diparut dan diperas airnya. Bila tidak berair tambahkan sedikit air.
8)     Guru membagi alat dan bahan kepada masing-masing kelompok.
9)   Sebelum masing-masing kelompok mulai bekerja, guru memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti setiap anggota harus bisa bekerja sama dalam kelompok, menyumbangkan pendapatnya pada kelompoknya, memperhatikan informasi yang disampaikan teman, menghargai pendapat teman, bersedia menerima tugas dan membantu menyelesaikan tugas. Mengingatkan tentang keselamatan selama percobaan karena menggunakan pisau (strategi pembelajaran kooperatif).
10)  Pada saat masing-masing kelompok melakukan percobaan, guru berkeliling memberikan bimbingan pada kelompok dan individu.
11)  Siswa secara berkelompok membuat laporan dalam bentuk poster gambar buah yang mengandung vitamin C dan membuat poster langkah-langkah prosedur kerja.
12) Siswa diminta untuk menempelkan poster maupun langkah-langkah prosedur dan mempresentasikannya di depan kelas.
13)  Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap hasil pengamatan dan presentasi siswa.
14)Guru dan siswa menyimpulkan hasil percobaan, bahwa “Buah jambu biji banyak mengandung vitamin C. Tidak hanya buah berwarna kuning yang mengandung vitamin C, buah yang berwarna putih juga mengandung vitamin C”.
c.       Kegiatan Penutup
1)   Guru menjelaskan banyaknya manfaat buah-buahan yang telah disediakan alam untuk kita.
2)  Guru mempertegas bahwa tidak hanya buah yang berwarna putih saja yang mengandung vitamin C. Manfaat buah-buahan yang mengandung vitamin C adalah untuk mencegah sariwan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin C menyebabkan gusi membengkak dan mudah berdarah. Kekurangan vitamin C juga menyebabkan mudah terkena penyakit karena kekebalan tubuhnya kurang. Kita harus mensyukuri karunia Allah SWT dengan menanam, merawat, dan memanfaatkan potensi alam dengan baik dan bijaksana.
3)  Guru memberi tugas kelompok di rumah untuk menguji keberadaan vitamin C pada minuman kemasan yang ditulis mengandung vitamin C dan terhadap buah yang matang dan tidak terlalu matang. Siswa secara kelompok membuat laporan hasil percobaan dalam bentuk tabel dan dikumpulkan minggu depan.
4)      Guru menutup dengan doa bersama dan salam.

Tidak ada komentar: